Ilmu Budaya Dasar dan Mahasiswa Psikologi

Standard
Berdasarkan apa yang telah saya bahas sebelumnya bahwa Ilmu Budaya dasar adalah ilmu yang membahas tentang pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep -konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah – masalah manusia dan kebudayaan, itulah yang melatar belakangi di berikannya mata kuliah Ilmu Budaya Dasar terhadap mahasiswa psikologi, yang di harapkan kelak mereka dapat memahami dan memecahkan masalah – masalah manusia sebagaimana tugas seorang psikolog.
Selain melihat sisi konteks budaya Indonesia, yang menjadi latar belakang diberikannya mata kuliah Ilmu Budaya Dasar terhadap mahasiswa psikologi, juga dalam rangka menyempurnakan pembentukan sarjana psikologi yang lebih manusiawi, berbudaya dan lebih halus sesuai dengan tujuan dari Ilmu Budaya Dasar,sebagaimana yg telah saya jelaskan sebelumnya.
Problem problem yang ada di Indonesia :
  1.  Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa dengan segala keanekaraman budaya yang tercermin dalam berbagai aspek kebudayaannya, yang biasanya tak lepas dari ikatan-ikatan primordial, kesukuan dan kedaerahan. Di sinilah pentingnya mahasiswa psikologi mempelajari IBD, agar mereka dapat memahami karakteristik seseorang sesuai kebudayaannya dan dapat menanggapinya dengan baik.
  2. Proses pembangunan yang sedang berlangsung terus menerus menimbulkan dampak positif dan dampak negatif berupa terjadinya pergeseran nilai budaya sehingga dengan sendirinya mental manusiapun terkena pengaruhnya.
  3. Akibat lebih jauh dari pembenturan nilai budaya ini ialah timbulnya konflik dalam kehidupan.
  4. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia, menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya, sehingga manusia bingung terhadap kemajuan yang telah diciptakannya itu. Hal ini merupakan sikap ambivalen teknologi, yang disamping memberikan segi positf, juga memiliki segi negatif.
Dari beberapa problem di atas, diharapkan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa the humanities berkaitan dengan nilai-nilai yaitu nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Agar supaya manusia bisa menjadi humanus, mereka hams mempelajari ilmu yaitu the humanities disamping tidak meninggalkan tanggungjawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri.
Berdasarkan poin – poin di atas disimpulkan tujuan mempelajari IBD bagi mahasiswa psikologi adalah:
  • Dengan memahami berbagai macam budaya – budaya di Indonesia, diharapkan lulusan psikologi dapat lebih mudah memahami pasien atau  yang notabenenya memiliki latar belakang atau budaya yang berbeda – beda. Sehingga mengerti bagaimana menghadapi orang tersebut.
  • Dapat menanamkan keberanian moral untuk mempertahankan nilai-nilai psikologis yang dianggap benar, dan dapat menolak nilai-nilai yang tidak dapat dibenarkan.
  • Dapat berkomunikasi dengan baik.
  • Memahami beberapa budaya manusia secara medalam dan  memiliki kepekaan terhadap masalah masalah yang ada dalam sebuah pemikiran, perasaan, maupun perilaku manusia tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s