Tinjauan Tentang Ilmu Alamiah Dasar

Standard

Ilmu Alamiah Dasar

Bab I Pendahuluan

1.1 Pengertian Ilmu Alamiah Dasar

Ilmu alamiah atau sering disebut ilmu pengetahuan alam (natural science) merupakan pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah Dasar hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial saja.

A. Manusia

Manusia adalah mahluk yang lemah di bandingkan mahluk lain. Namun dengan akal budinya serta kemauan yang kuat manusia dapat mengembangkan kemampuan dan teknologi. Dan dengan ilmu pengetahuan manusia bisa hidup lebih baik lagi. Manusia adalah sebaik-baiknya mahluk yang telah diciptakan Tuhan. Patutnya syukurilah nikmat yang diberikan oleh Tuhan yang maha esa karena dengan nikmatnya kita diberikan akal untuk berfikir, membedakan yang baik dan yang buruk juga dapat memperoleh ilmu pengetahuan. Sifat manusia selalu tidak pernah puas, maka ketersediaan sumber daya yang terbatas tidak sesuai dengan keinginan manusia yang tidak terbatas. Manusia pun mempunyai keinginan rasa ingin tahu terhadap rahasia alam, selalu mencoba mencari jawaban dengan pengamatan dan penggunaan pengalaman. Pengetahuan baru dari kombinasi antara pengalaman dan kepercayaan disebut mitos

B. Mitos

Pengetahuan baru dari kombinasi antara pengalaman dan kepercayaan disebut mitos. Cerita–cerita pada mitos disebut legenda . Kebenaran mitos masih bersifat simpang siur karena tidak ada bukti yang otentik dan disebarkan melalui cerita dari mulut ke mulut (lisan). Mitos dapat diterima karena keterbatasan pengindraan, penalaran, dan hasrat ingin tahu yang harus dipenuhi. Puncak pemikiran mitos adalah pada zaman Babilonia yaitu kira-kira 700-600 SM . Pengetahuan dan ajaran tentang orang Babilonia setengahnya merupakan dugaan, imajinasi, kepercayaan, atau mitos. Pengetahuan ini disebut pseudo science (sains palsu). Ini adalah ilmu pengetahuan yang masih diragukan kebenarannya.

C. Lahirnya Ilmu Alamiah

Panca Indera akan memberikan tanggapan terhadap semua rang sangan dimana tanggapan itu menjadi sebuah pengalaman. Pengalam merupakan salah satunya alasan terbentuknya pengetahuan yakni kumpulan fakta-fakta yang pernah ada.

Panca indera akan memberikan tanggapan terhadap semua rangsangan dimana tanggapan itu menjadi sebuah pengalaman. Pengalaman merupakan satu diantara alas an terbentuknya pengetahuan yakni kumpulan fakta-fakta yang pernah terjadi.

D. Keterbatasan Ilmu Alamiah

Bidang ilmu alamiah yang menentukan ilmu alamiah adalah metode ilmiah. Tujuan ilmu alamiah adalah membentuk dan menggunakan teori. Ilmu alamiah tidak menentukan moral atau nilai suatu keputusan. Manusia yang menilai apakah ilmu yang dipakainya baik atau buruk.

E. Pembagian Ilmu Pengetahuan

  • Ilmu pengetahuan sosial
    Yakni ilmu pengetahuan yang membahas hubungan antara manusia sebagai mahluk sosial. Bagaimana hubungan antar balik manusia dengan manusia lainnya atau mahluk lain. Yang terbagi atas : psikologi, pendidikan, antropologi, etnologi, sejarah, ekonomi, dan sosiologi.
  • Ilmu pengetahuan alam
    Yakni ilmu yang membahas tentang alam semesta, jagat raya dan seluruh isinya. Tentang penciptaannya dan teori-teori pengetahuan yang bersifat ilmiah. Yang terbagi atas : fisika, kimia, dan biologi.
  • Ilmu pengetahuan bumi dan antariksa
    Yakni ilmu yang membahas tentang bumi dan isinya serta antariksa yaitu ruang angkasa dan benda-benda langit yang di dalamnya. Yang terbagi atas : geologi dan astronomi.

Ruang lingkup dari IAD adalah:

1) Konsep-konsep dasar tentang Ilmu Pengetahuan Alam. Konsep-konsep dasar tentang IPA meliputi:

  1. Fisika
    Suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari benda tak hidup atau mati dari aspek wujud dengan perubahan–perubahan yang bersifat sementara. Fisika secara klasik dibagi dalam mekanika, panas, bumi, cahaya, gelombang, listrik, magnet dan teknik mekanika, teknik sipil, teknik listrik, dan termasuk dalam lingkup besar ilmu bumi dan antariksa.
  2. Kimia
    Suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari makhluk hidup dan tidak hidup dari aspek susunan materi dan perubahan–perubahan yang bersifat tetap. Kimia secara garis besar dibagi menjadi kimia anorganik dan kimia organic. Kedua bagian itu pada dasarnya membahas dasar keseluruhan, kemudian diikuti analisis kualitatif dan kuantitatif.
  3. Biologi
    Ilmu pengetahuan yang mempelajari makhluk hidup dan gejala–gejalanya. Biologi dibagi atas cabang–cabang antara lain :
    1. Botani
      Adalah suatu cabang biologi yang mempelajari seluk beluk tentang tumbuhan. Botani merupakan satu diantara bidang kajian dalam biologi yang mengkhususkan diri dalam mempelajari seluruh aspek biologi tumbuhan-tumbuhan. Dengan demikian, dalam botani dipelajari semua disiplin ilmu biologi untuk mempelajari pertumbuhan, reproduksi, metabolisme, perkembangan, interaksi dangan komponen biotok dan abiotik, serta evolusi tumbuhan. Orang yang menekuni bidang botani disebut botanis.
    2. Zoologi
      Adalah cabang biologi yang mempelajari struktur, fungsi, perilaku, serta evolusi hewan. Ilmu ini antara lain meliputi anatomi perbandingan, psikologi hewan, biologi molecular.
    3. Morfologi
      Adalah suatu studi tentang struktur luar atau bentuk luar makhluk hidup. Morfologi dipakai oleh berbagai cabang ilmu. Secara harfiah, morfologi berarti ‘pengetahuan tentang bentuk (morphos). Berikut beberapa ilmu yang menggunakan nama morfologi:

      • Morfologi (linguistik), ilmu tentang morfem-morfem dalam bahasa.
      • Morfologi (biologi), ilmu tentang bentuk organisme, terutama hewan dan tumbuhan dan mencakup bagian-bagiannya.
      • Geomorfologi, ilmu tentang batuan dan bentuk luar bumi.
    4. Anatomi
      Adalah suatu studi tentang struktur – dalam atau bentuk – dalam makhluk hidup. Anatomi (berasal dari bahasa Yunani ἀνατομία anatomia, dari ἀνατέμνειν anatemnein, yang berarti memotong) adalah cabang dari biologi yang berhubungan dengan struktur dan organisasi dari makhluk hidup. Terdapat juga anatomi hewan atau zootomi dan anatomi tumbuhan atau fitotomi. Beberapa cabang ilmu anatomi adalah anatomi perbandingan, histologi, dan anatomi manusia.
    5. Fisiologi
      Adalah suatu studi tentang fungsi bagian tubuh atau organ makhluk hidup. Fisiologi adalah turunan biologi yang mempelajari bagaimana kehidupan berfungsi secara fisik dan kimiawi. Istilah ini dibentuk dari kata Yunani Kuna φύσις, physis, “asal-usul” atau “hakikat”, dan λογία, logia, “kajian”. Fisiologi menggunakan berbagai metode ilmiah untuk mempelajari biomolekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, dan organisme secara keseluruhan menjalankan fungsi fisik dan kimiawinya untuk mendukung kehidupan.

Klik di sini untuk pembahasan selanjutnya

Sumber : http://aiiazzsecret.blog.com/2010/12/13/pengertian-ilmu-alamiah-dasar-dan-bagian-bagiannya/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s