#PTI Nettiquette

Standard

Apa itu Netiquette? Netiquette adalah etika dalam penggunaan internet. Internet merupakan sarana yang digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Oleh karena itu diperlukan adanya peraturan-peraturan agar tidak terjadi kesalah pahaman dan keributan antara para pengguna internet.

Banyak diantara kita tanpa disadari melupakan etika dalam menggunakan sarana internet, oleh karena itu banyak diantara pengguna internet terjadi kesalah pahaman. Walaupun antara penggunanya tidak secara langsung saling bertatap muka, etika berinternet ini harus di terapkan. Dan bagi orang-orang yang ingin menggunakan internet harus mengetahui dan mematuhi prinsip-prinsip netiquette sebagai berikut ( Shea, 2004 ):

  1. Empati dan solidaritas
    Dalam ber-internet, pengguna memang tidak saling bertatap muka secara langsung dengan manusia lain. Namun, jangan sampai pengguna seakan dapat berbuat seenaknya tanpa memperdulikan pengguna lain. Kebanyakan para pengguna internet yang memiliki masalah dengan pengguna yang lain merasa tidak akan terjadi masalah karena lawannya berada jauh darinya. Oleh karena itu, para pengguna sudah selayaknya tetap berempati terhadap pengguna lain. Kemudian, mereka pun harus menjaga solidaritas komunitas seperti layaknya di dunia nyata.
  2. Teliti sebelum menceburkan diri
    Internet terdiri atas berbagai kelompok dan tiap kelompok memiliki budaya berbeda-beda. Oleh karena itu, sebelum masuk ke dalam suatu kelompok selidikilah dulu budayanya. Jadi, kita tidak salah masuk kelompok atau menyalahi budaya kelompok setempat.
  3. Berpenampilan baik ala internet
    Sebagian besar komunikasi di internet dilakukan secara tekstual. Oleh karena itu, manusia dinilai dari hasil tulisannya. Seperti layaknya berdandan secara pantas dan sesuai acara yang akan dihadiri, hendaknya pengguna internet menulis hal-hal yang pantas dan sesuai dengan konteks di mana ia mengeposkan tulisannya. Apalagi bila ia melakukan video conferencing, hendaknya memperhatikan penampilan fisik pula karena dapat terlihat oleh orang di sisi lain.
  4. Menghormati privasi
    Manusia di dunia maya pun memiliki privasi yang tidak ingin dilanggar. Oleh karena itu, sebaiknya pengguna internet saling menghormati privasi dengan tidak menerobos masuk ke dalam wilayah pribadi orang lain.
  5. Tidak menyalahgunakan kekuasaan
    Beberapa anggota komunitas internet memiliki kekuasaan lebih tinggi daripada yang lain. Lebih lanjut, mereka hendaknya tidak menggunakan secara semena-mena. Misalnya, administrator forum tidak diperkenankan dengan seenaknya menghentikan keanggotaan seorang anggota forum tanpa ada alasan jelas.
  6. Memaafkan kesalahan
    Bila orang lain melakukan kesalahan kecil, misalnya salah tata bahasa atau apapun, maafkanlah. Jangan berusaha membesarkan masalah, tetapi lebih baik berusaha memperbaiki masalah. Hal seperti ini berlaku pula untuk diri sendiri. Jangan hanya karena telah melakukan kesalahan, kita lantas berhenti ber-internet. Belajar dari kesalahan akan meningkatkan kemampuan ber-internet. Dan cobalah untuk tidak terbawa oleh ego masing-masing. banyak diantara pengguna-pengguna internet ketika ada yang melakukan kesalahan atau mencoba memprovokasi dirinya, mereka malah melawan dan membesar-besarkan masalah karena ego mereka.
  7. Berbagi pengetahuan
    Komunitas internet pada awalnya tercipta karena keinginan untuk berbagi pengetahuan. Oleh karena itu, kita tidak perlu takut akan minder untuk membagikan opini, pengetahuan atau pengalaman di dalam internet. Siapa tahu, hal yang mungkin dipandang sederhana oleh satu anggota komunitas internet ternyata amat berharga bagi anggota lain. Asalkan informasi yang disampaikan berdasarkan fakta, bukanlah omong kosong yang dapat memprovokasi.

Beberapa aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah:

  1. Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall
  2. Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengunggah data pribadi anda. dan anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju telah dijamin keamanannya.
  3. dan yang paling utama adalah, hargai pengguna lain di internet, caranya sederhana yaitu,:
    1. jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
    2. jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalkan melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit
    3. jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
    4. jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya.
    5. jangan flamming, trolling ataupun junking saat berforum. Istilah-istilah ini jangan dilakukan agar tidak terjadi keributan dalam berinteraksi di internet.
      • Flaming : Flaming adalah tindakan provokasi, mengejek, ataupun penghinaan yang menyinggung user lainnya atau Flaming berarti memanas-manasi keadaan suatu tempat sehingga terjadi perdebatan.
      • Trolling : Trolling diartikan sebagai kegiatan memposting tulisan atau pesan menghasut dan seringkali tidak relevan dengan topik yang dibicarakan di komunitas online seperti forum, chatting, blog, atau juga social network. Tujuan dari trolling ini adalah memprovokasi dan memancing emosi para pengguna internet lainnya. Dalam dunia internet, pelaku trolling ini disebut troller.
      • Junking : Junking adalah tindakan memposting kata kata yang tidak berguna. Dengan melakukan junking dapat membuat orang tidak nyaman dan bahkan dapat membuat orang marah.

Intinya, dalam menggunakan sarana internet kita harus bisa menjaga diri sendiri dan menghargai pengguna yang lain seperti halnya berprilaku di dunia nyata. Internet merupakan sarana yang diciptakan dengan niat baik untuk kemudahan hidup manusia bukan untuk membuat keributan.

Referensi :

One response »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s