#PTI Dampak Positif dan Negatif Internet

Standard

Pada saat ini internet merupakan salah satu kebutuhan bagi manusia dalam memudahkan pekerjaan mereka, atau hanya sekedar untuk hiburan semata.

Namun dibalik banyaknya fitur yang diberikan internet untuk penggunannya, internet memiliki dampak-dampak yang bisa bersifat positif atau malah bersifat negatif.

Berikut adalah dampak-dampak positif yang ditimbulkan internet :

  • Rajin Membaca
    Internet merupakan dunia maya yang penuh dengan informasi. Dampak Positif Internet baik informasi yang memang anda butuhkan untuk pekerjaan, atau sekedar untuk mencari hiburan, dan bisa berupa artikel atau video. Sadar atau tidak, anda telah menjadi orang yang lebih sering membaca karena internet. Rajin membaca dapat melatih otak untuk berpikir lebih baik dan meningkatkan konsentrasi. Apabila berita atau artikel yang anda baca berbahasa asing, tentu saja anda juga dapat melatih kemampuan berbahasa asing anda sekaligus.
  • Berwawasan Luas
    Hal ini sebenarnya berhubungan dengan rajin membaca. Apabila anda mengunjungi salah satu situs informasi, mungkin anda akan kaget apabila melihat banyaknya topik yang dibahas oleh situs tersebut. Dampak Positif Internet Mulai dari politik, kesehatan, film, musik, hingga informasi regional seperti khusus daerah Jawa Barat pun tersedia. Menggunakan internet untuk mengakses situs-situs informasi seperti ini akan menambah wawasan anda. Menjadi seseorang dengan wawasan yang luas tidak pernah menjadi hal yang buruk, bahkan anda bisa menjadi terlibat dalam setiap pembicaraan dan menjadi mudah bergaul.
  • Berpikiran Terbuka
    Selain sebagai sumber informasi, internet juga dapat digunakan untuk bersosialisasi. Situs jejaring sosial kini sudah menjamur, berbagai macam situs dengan kelebihannya masing-masing dapat anda gunakan secara bebas. Namun tak sedikit orang yang menggunakan situs jejaring sosial sebagai media untuk berekspresi, seperti publik-publik figur yang mencoba untuk menjadi pusat perhatian dengan memberikan komentar-komentar yang kontroversial di jejaring sosial mengenai isu-isu tertentu, yang tentu saja bisa dibaca siapa saja. Suka atau tidak, orang-orang seperti ini, beserta komentar yang dilontarkan, bisa membuat hidup anda menjadi lebih berwarna.
  • Mengendalikan Diri
    Apabila anda merupakan orang yang suka memberikan komentar baik di comment section pada sebuah berita atau anda merupakan seorang yang aktif dalam online forum, pasti anda pernah melihat beberapa komen yang bersifat ofensif, apalagi terkait topik-topik tertentu dan sensitif, seperti agama misalnya. Apabila anda tersinggung setelah membaca komen tersebut, ingatlah bahwa orang tersebut berani berkata demikian karena ia merasa tidak mungkin diketahui siapa dia sebenarnya. Walau sebenarnya bisa saja anda cari tahu, namun usaha anda hanya akan membuang-buang waktu. Belajarlah untuk tidak terpancing hal-hal seperti itu, apabila anda ingin membalas komentar orang tidak bertanggung jawab tersebut, bersikaplah sopan, tunjukkan bahwa anda memang berada diatas orang tersebut.
  • Belajar Menghargai
    Kebebasan berekspresi memang benar-benar digunakan oleh para pengguna internet. Semua orang diberi kebebasan yang sama. Tidak semua orang bisa sependapat. Karena itu, membiarkan orang lain berpendapat sesuai yang apa yang mereka yakini akan membantu anda untuk lebih menghargai pendapat orang lain. Hargailah orang lain apabila anda ingin dihargai.
  • Meningkatkan Kesadaran Diri
    Yang tidak disadar kebanyakan pengguna internet adalah setiap tindakan negatif yang mereka lakukan  merupakan cerminan diri mereka sendiri. Banyak yang bisa anda ambil dari apa yang anda baca, lihat dan dengar di internet. Dan bersikap dewasalah saat menggunakan internet, agar internet dapat membawa kebaikan pula bagi anda. Memperhatikan hal-hal kecil akan membuat anda siap untuk menghadapi hal yang besar. Maka dari itu, sejak saat ini anggaplah internet juga sebagai wadah untuk terus berintrospeksi dan memperbaiki diri.

    Dampak Positif Internet  merupakan bagian dari evolusi teknologi, dan tentu saja saat diciptakan, tujuannya untuk sesuatu yang positif. Kini internet dapat diakses hampir dimana saja, dan dengan segala fungsinya, internet dapat membuka kesempatan-kesempatan baru bagi penggunanya. Dan dengan dampak positif yang diberikan internet, maka internet akan semakin berperan penting dalam kehidupan penggunanya.

  • Sebagai Media Komunikasi
    Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia. Misalnya komunikasi melalui chatting, kirim e-mail, video conference, termasuk situs jejaring sosial seperti facebook, tweeter, dan friendster yang digandrungi para remaja untuk mencari teman.
  • Internet Sebagai Media Pertukaran Data

    Internet bisa sebagai media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, FTP dan www (world wide web) yang memungkinkan para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.

    Internet Sebagai Media Untuk Mencari Informasi Atau Data

    Informasi kini sangat cepat berkembang, berita yang kita baca kemarin atau satu minggu yang lalu di media cetak mungkin sudah tidak relevan di hari ini. Bahkan informasi yang tidak terdapat di media cetak, bisa kita dapatkan melalui internet. Hanya dengan mesin pencari seperti google, yahoo, msn, informasi penting yang dicari bisa didapatkan dengan cepat dan akurat. Hal ini sangat dibutuhkan oleh siswa dan mahasiswa untuk mencari data.

Selain dampak positif, internet juga memberikan dampak negatif bagi para penggunanya. Berikut adalah dampak negatif yang diberikan internet :

  • Informasi Yang Tak Terfilter
    Sebagai wadah yang menyediakan akses informasi yang tak terbatas membuat informasi yang tersedia di internet berbaur antara informasi yang bermanfaat dan tidak membawa manfaat. Beberapa informasi yang tidak bermanfaat yang terkadang membawa pengaruh buruk bagi pengguna antara lain informasi yang bersifat pornografi, situs perjudian, kekerasan hingga informasi yang menyesatkan.
  • Internet Menyebabkan Kecenderungan
    Banyak sekali pengguna internet yang rela menghabiskan waktu hingga seharian untuk ber-facebook ria, bermain game online dll. Kecenderungan akan internet dapat membuat orang menjadi lupa waktu serta menjadi malas. Tidak heran dewasa ini banyak sekali cafe internet ataupun warnet yang memasang tarif internet murah untuk penggunaan selama beberapa jam secara langsung.
  • Dampak Buruk Bagi Kesehatan
    Banyak sekali orang yang tidak menyadari, terutama bagi mereka yang duduk berlama–lama menggunakan komputer dan internet dapat membawa dampak buruk terhadap kesehatan mereka, terutama jantung, otot dan aliran darah pada tubuh.
  • Dampak Buruk Bagi Mata
    Komputer atau gadget lainnya memiliki radiasi yang cukup kuat yang dapat memnyebabkan kerusakan pada penggunanya jika menggunakannya dengan waktu lama. Dengan kecenderungan berlama–lama didepan komputer akan mengakibatkan menurunnya jaringan pada syaraf penglihatan.
  • Keterbatasan Pergaulan Sosial
    Banyak sekali anak muda saat ini terutama yang masih sekolah menghabiskan waktu mereka pada saat pulang sekolah ataupun pada akhir pekan untuk bermain internet sepanjang hari. Kecenderungan yang berat pada internet dapat berakibat pada keterbatasan pergaulan sosial secara fisik. Oleh karena itu penting bagi orang tua agar dapat menasehati secara tegas agar anak mereka tidak terjerumus pada kecenderungan internet yang parah.
  • Kejahatan dan Penipuan
    Salah satu dampak negatif internet adalah sebagai wadah untuk berbuat kejahatan dan penipuan secara terselubung. Banyak sekali orang yang tertipu terhadap toko online palsu ataupun kejahatan secara fisik yang memanfaatkan situs jejaring sosial sebagai sarana mereka.
  • Kebebasan Yang Berlebihan
    Dengan perkembangan internet yang ditunjang oleh peralatannya saat ini memungkinkan pengguna untuk memperkaya komunikasi menjadi lebih interaktif dan canggih. Hal ini terkadang dapat membawa dampak negatif bila digunakan secara salah. Sebagai salah satu contoh adalah kegiatan Sex Cam atau yang secara sederhana dijelaskan sebagai hubungan seksual jarak jauh dengan memanfaatkan kamera chatting dengan orang lain ditempatnya masing–masing.

oleh sebagai pengguna sarana internet kita harus menggunakannya secara bijak, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dan ketika sedang asyik menggunakan internet kita juga harus ingat waktu jangan sampai mengganggu kehidupan dan kesehatan kita.

Referensi :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s